Jokowi Ke Afghanistan, Menteri Retno: Bahas Tiga Isu Utama

M. Isa | Selasa, 30/01/2018 21:35 WIB
Jokowi Ke Afghanistan, Menteri Retno: Bahas Tiga Isu Utama Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengungkapkan bahwa pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Ghani di Kabul, Afghanistan berjalan aman dan lancar.

“Kunjungan yang dilakukan selama kurang lebih enam jam tadi berlangsung dengan aman dan lancar, dan dengan hasil yang sangat baik," kata Menlu Retno, seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Selasa 30 Januari 2018.

Retno menuturkan, bahwa semua pihak patut bersyukur, kunjungan Presiden Jokowi beserta rombongan ke Afghanistan dapat berjalan aman dan lancar meski dilakukan dengan singkat.

Retno menjelaskan bahwa pertemuan kedua pimpinan negara tersebut telah membahas tiga isu yang diantaranya peace building, kerjasama ekonomi dan kerjasama mensyiarkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Dalam kontek Peace Building, sebagai tindak lanjutnya adalah akan diadakan pertemuan ulama Indonesia dengan Afghanistan dalam waktu dekat. Lalu, dalam kontek kerjasama ekonomi, kedua negara tersebut telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan capacity building tetapi untuk bussiness to bussiness.

Sementara, lanjut Retno, dalam konteks untuk mensyiarkan Islam yang rahmatan lil alamin, Presiden menyampaikan Indonesia sudah membangun kompleks Indonesia Islamic Center yang lahannya diberikan oleh pemerintah Afghanistan, seluas 10.000 meter persegi, di dekat Kabul.