Jokowi: TNI Adalah Milik Nasional

M. Isa | Kamis, 05/10/2017 20:44 WIB
Jokowi: TNI Adalah Milik Nasional Presiden Jokowi saat menghadiri Upacara HUT TNI 72 (foto: Twitter @Jokowi)

CILEGON, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa politik Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah politik negara sehingga loyalitasnya adalah untuk kepentingan bangsa dan negara. Pesan itu disampaikan saat Presiden memberikan sambutan di acara ulang tahun TNI di Kota Cilegon, Provinsi Banten, 5 Oktober 2017.

“Bahwa politik tentara adalah politik negara, politik TNI adalah politik negara, dan loyalitas TNI adalah loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara,” tegas Presiden Jokowi, seperti dilansir sekab.go.id, Kamis 5 Oktober 2017.

Menurut Panglima Tertinggi TNI itu, politik dan loyalitas kepada bangsa dan negara berarti setia dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, menjaga keutuhan wilayah dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kesetiaan kepada pemerintah.

Untuk itu, Presiden menegaskan kembali bahwa TNI adalah milik nasional yang berada diatas semua golongan. TNI harus menjaga netralitas politik di era demokrasi sekarang ini, “TNI selalu menjamin netralitas politik di era demokrasi sekarang ini, yang selalu menjamin keutuhan wilayah nasional, dan membangun persatuan serta solidaritas antar anak bangsa, antar komponen bangsa,” tegas Presiden.

“Harus menjaga stabilitas politik dan keamanan, harus menumbuhkan kepercayaan masyarakat internasional terhadap negara kita, Indonesia,” tambahnya.


Berita Terkait :