Hukum Membawa HP Berisi Alquran ke Kamar Mandi

Neli Elislah | Kamis, 28/01/2021 16:24 WIB
Hukum Membawa HP Berisi Alquran ke Kamar Mandi Al Quran versi digital (doc.kanal73.com)

RADARBANGSA.COM - Alquran adalah kitab suci yang harus kita hormati. Beberapa aturan dalam memegangnya harus dalam keadaan suci dan juga harus diletakkan di tempat yang baik. Bagaimana jika kita membawa HP yang terdapat aplikasi Alquran di dalamnya secara tidak sengaja ke kamar mandi?

Membawa Alquran ke dalam kamar mandi atau sebatas membawanya pada tempat yang tidak wajar akan dinilai tidak menghormati Alquran sebagai kitab suci. Namun, Alquran dalam bentuk digital berupa aplikasi di HP berbeda dengan Alquran mushaf dan tidak dihukumi sebagai mushaf. Maka dari itu memegang Alquran dalam bentuk aplikasi di HP, tidak harus dalam keadaan suci dan boleh membawanya ke dalam kamar mandi.

Mengutip NU Online, disebabkan tulisan Alquran yang tampak di HP/Smartphone tidak seperti tulisan dalam Mushaf, tulisan Alquran dalam HP berupa getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang (bukan merupakan huruf yang tetap), sehingga dihukumi boleh. Tetapi kita harus tetap menghormati Alquran dengan tidak membuka aplikasi Alquran ketika di dalam toilet.

Terdapat fatwa kontemporer yang dikompilasikan dalam kitab Mauqi’ul Islam, Sual wa jawab hal. 53,

‎ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻮﺍﻻﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻭﺿﻊ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺃﻭ ﺗﺴﺠﻴﻼ، ﻻ ﺗﺄﺧﺬ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ، ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻤﺴﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺎﺭﺓ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﺨﻼﺀ ﺑﻬﺎ، ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻟﻴﺲ ﻛﻜﺘﺎﺑﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ، ﻓﻬﻲ ﺫﺑﺬﺑﺎﺕ ﺗﻌﺮﺽ ﺛﻢ ﺗﺰﻭﻝ ﻭﻟﻴﺴﺖ ﺣﺮﻭﻓﺎ ﺛﺎﺑﺘﺔ، ﻭﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻣﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ

Artinya: Handphone yang di dalamnya terdapat Alquran baik yang tampak sebagai tulisan atau berupa audio tidak dihukumi sebagai mushaf.