5 Efek Samping Minum Wine Tiap Hari

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 17/01/2023 22:01 WIB
5 Efek Samping Minum Wine Tiap Hari Anggur Merah (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Meskipun Anda mungkin pernah mendengar banyak manfaat dari minum anggur merah seperti menurunkan kolesterol, mengelola diabetes, dan mengurangi peradangan, namun kebiasaan ini ternyata juga memliki efek samping lho. 

Anggota Dewan Pakar Medis, Lisa R Young Ph.D., RDN mengatakan keseringan minum anggur merah memiliki resiko serius seperti peningkatan risiko kanker atau penyakit jantung. Untuk itu dia menyarankan agar meminumnya dalam porsi yang sangat sedikit.

"Anda tidak perlu minum setiap hari, dan lebih sedikit mungkin yang terbaik," jelas Dr Young seperti dikutip Eat This Not That, Selasa 17 Januari 2023.

Adapun menurutnya,  untuk wanita disarankan meminum satu gelas sehari untuk pria disarakan minum dua gelas. Namun jika kalian masoh bertanyamengapa tidak boleh menuangkan segelas lagi, maka kalian perlu terlebih dahulu membaca artikel dibawah ini. 

 

1.Wine dapat mengganggu tidur Anda

Salah satu efek samping dari minum anggur—atau alkohol apa pun, dalam hal ini—di malam hari adalah dapat mengganggu tidur Anda. Meski orang sering merasa ngantuk atau lebih mengantuk setelah minum, perasaan ini tidak bertahan lama. Jadi, bahkan jika kalian berpikir bahwa segelas anggur akan menidurkan lebih cepat dan lebih nyenyak, kalian akan kecewa mengetahui bahwa itu juga dapat membangunkan di tengah malam.

 

2. Wine dapat memengaruhi Fungsi Obat-Obatan 

Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, Alkohol berinteraksi dengan cara yang berpotensi berbahaya dengan banyak obat, termasuk acetaminophen, antidepresan, antikonvulsan, obat penghilang rasa sakit, dan obat penenang. Jika kalian mencampur alkohol dengan obat-obatan tertentu, hal itu dapat menyebabkan kantuk, sakit kepala, mual, atau dalam beberapa kasus, pingsan. Itu juga dapat membuat antibiotik tidak berguna, jadi pastikan untuk membaca peringatan pada semua obat sebelum menikmati segelas anggur malam kalian. 

 

3. Wine Meningkatkan Risiko Kanker Payudara 

Kebiasaan meminum wine setiap hari bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Menurut ulasan yang dipublikasikan di Penelitian Kanker Payudara, meski wine hanya dikonsumsi dalam jumlah sedang  (50 gram alkohol per hari atau lebih) ditemukan risiko  tinggi, bahkan meskipun hanya 18 gram alkohol ditemukan efek pada peningkatan risiko kanker. 

Singkatnya, sekali minum adalah sekitar 14 gram alkohol, jadi meminum segelas setiap bisa berdampak lebih signifikan pada kesehatan kalian. 

 

4. Wine Itu juga dapat meningkatkan risiko kanker Anda secara keseluruhan

Jika kalian merasa aman karena tidak merokok  tetapi masih minum alkohol, kalian mungkin kecewa saat mengetahui bahwa konsumsi alkohol ringan hingga sedang dapat meningkatkan risiko kanker.

Menurut artikel penelitian tahun 2019 minum sebotol wine dalam seminggu meningkatkan risiko kanker seumur hidup seseorang sekitar 1%–1,4%. Ini mungkin tidak terdengar banyak pada awalnya, tetapi peningkatan risiko kanker ini sama dengan risiko merokok lima batang rokok untuk pria dan 10 batang rokok untuk wanita per minggu.

 

5. Menyebabkan Detak Jantung yang Tidak Teratur

Sebuah studi yang dipublikasikan di EP Europace menemukan bahwa mereka yang minum alkohol setiap hari memiliki risiko tertinggi jika dibandingkan dengan mereka yang minum alkohol sekali atau dua kali seminggu. Yang menarik dari temuan ini adalah bahwa ketika sampai pada fibrilasi atrium (alias detak jantung tidak teratur), para peneliti menemukan bahwa frekuensi mungkin lebih penting daripada jumlah alkohol itu sendiri. 

CDC memperingatkan bahwa pesta minuman keras — yang dianggap lebih dari empat minuman dalam satu sesi untuk wanita dan lima untuk pria — dapat menyebabkan penyakit jantung, masalah kesehatan mental, demensia, dan kanker.

 

 


Berita Terkait :