Indonesia Jadi Negara dengan Kualitas Tidur Terbaik: Riset Samsung

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 24/10/2022 16:58 WIB
Indonesia Jadi Negara dengan Kualitas Tidur Terbaik: Riset Samsung Tidur (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Samsung menganalisis data dari 16 negara untuk melihat bagaimana tren kebiasaan tidur bervariasi menurut wilayah. Hasilnya, Samsung menyatakan Indonesia sebagai negara dengan tingkat efisiensi tidur tertinggi.

Menurut Survei, saat pra pandemi Indonesia adalah wilayah dengan efisiensi tidur terendah, namun capaian tersebut kini menjadi milik Vietnam. Tak hanya itu Indonesia juga mengalami peningkatan efisiensi tidur tertinggi dari pra ke pasca pandemi.

Samsung membedakan Perbedaan Durasi Tidur dan Efisiensi Tidur. Jika membahas soal pola tidur, durasi yang lebih lama tidak serta-merta kualitasnya lebih baik. Pada analisis ini, durasi tidur berarti waktu yang dihabiskan di kasur ketika mencoba untuk tidur, sedangkan efisiensi tidur mengukur persentase waktu yang sebenarnya dihabiskan untuk tidur.

Faktanya, meskipun orang-orang di semua negara menikmati waktu tidur rata-rata yang lebih lama daripada sebelum pandemi, mereka sebenarnya mengalami penurunan efisiensi tidur secara keseluruhan.

Indonesia sebetulnya telah mengalami penundaan waktu bangun dengan rata-rata 11 menit sejak pandemi dimulai, tetapi Indonesia tetap menjadi wilayah dengan waktu bangun paling awal.

Sementara itu di Eropa, Prancis yang sebelumnya memegang rekor dengan durasi tidur terpanjang sebelum dan sesudah pandemi mengalami efisiens tidur yang menurun.

Pengguna di Korea mencatat salah satu peningkatan terbesar dalam durasi tidur dan efisiensi selama pandemi, namun masih tetap di bawah rata-rata global.

Amerika Serikat mengalami penurunan efisiensi tidur terbesar dibanding wilayah lainnya

Jerman memiliki skor efisiensi tidur global tertinggi sebelum pandemi, namun sejak saat itu justru mengalami salah satu penurunan paling signifikan dalam efisiensi tidur.

Argentina mencatat efisiensi tidur tertinggi setelah dimulainya pandemi.

Meksiko adalah wilayah dengan perubahan terbesar dalam waktu bangun dan tidur. Waktu tidur berubah rata-rata 11 menit, dan waktu bangun tertunda 17 menit.