Catat! ini Jenis Buah Ampuh Atasi Maag Kronis

Rahmad Novandri | Selasa, 09/08/2022 21:56 WIB
Catat! ini Jenis Buah Ampuh Atasi Maag Kronis Buah pepaya. (Foto: halodoccom)

RADARBANGSA.COM - Sakit maag biasanya terjadi ketika produksi asam lambung berlebihan. Produksi asam lambung terjadi ketika seseorang mengimsumsi makanan pedas, berlemak, dan belum matang harus dihindari.

Bagi Anda yang menderita maag kronis, ada beberapa buah yang cocok untuk meredakan gejala maag. Jenis buah yang dipilih harus dengan tingkat keasaman rendah.

Namun, buah seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan sejenisnya sebaiknya dihindari karena memiliki tingkat keasaman tinggi. Beberapa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung, di antaranya:

1. Pepaya

Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan asam asetat dan asam askorbatnya bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

Rasanya yang manis juga merupakan pilihan yang aman bagi Anda penderita gangguan lambung. Kandungan serat pada buah pepaya dapat memperlancar saluran cerna Anda.

2. Mangga

Selain mempunyai rasa enak dan manis, mangga juga merupakan buah untuk maag yang sehat kaya nutrisi, serta dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi alami. Mengonsumsi buah mangga bisa menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

Namun, jika Anda menderita sakit diabetes, hindari memakan buah ini secara berlebihan. Buah mangga dapat meningkatkan gula darah Anda jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Pisang

Pisang sering dikonsumsi untuk melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut. Buah ini mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH di dalam lambung. Kandungan potassium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres.

4. Apel

Apel sangat kaya vitamin A, C, D, dan B. Buah ini juga dapat membantu pencernaan dan buang air besar. Hal ini akan membantu mengurangi asam lambung.

5. Semangka

Buah yang tinggi kadar air ini banyak mengandung citrulline, yaitu asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna dalam menjaga tingkat asam di dalam tubuh.

6. Pir

Buah pir mengandung varian vitamin B yang baik untuk pencernaan dan sistem saraf. Konsistensinya yang lunak dan mudah dicerna menjadikannya pilihan yang baik untuk Anda makan sehari hari.

7. Melon

Melon bisa menjadi salah satu pilihan buah bagi Anda penderita gangguan maag. Tidak hanya lezat, buah ini juga mengandung banyak vitamin. Melon mengandung berbagai vitamin seperti vitamin K, vitamin C dan vitamin A.

Rasanya yang manis bisa menjadi salah satu pilihan buah yang dapat Anda makan secara berkala. Potonglah buah melon dalam potongan kecil, dan Anda bisa menjadikannya sebagai camilan di kala beristirahat.