Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Rahmad Novandri | Selasa, 29/06/2021 19:35 WIB
Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh Buah Pisang. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Pisang merupakan buah yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Pisang juga memiliki beragam bentuk dan jenisnya.

Selain itu, pisang juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat pisang untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatur tekanan darah

Pisang kaya akan potasium, yang merupakan nutrisi utama dalam mengelola tekanan darah serta mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Bagi siapa saja yang menderita tekanan darah berfluktuasi, penting untuk mengurangi asupan garam dan natrium dalam makanan mereka sambil lebih fokus pada makanan kaya kalium.

2. Kesehatan jantung

Jantung yang baik membutuhkan diet yang kaya serat, potasium, folat dan antioksidan yang ditemukan dalam pisang. Diet tinggi serat dapat membantu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular.

3. Diabetes

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat seperti pisang secara teratur dalam diet dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Diet tinggi serat dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko terkena Diabetes Tipe 2.

4. Kesehatan pencernaan

Selama kita mengalami banyak masalah pencernaan, pisang selalu datang untuk menyelamatkan kita. Pisang mengandung serat dan air yang bagus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Salah satu masalah pencernaan tersebut adalah diare yang dapat menyebabkan hilangnya air dan elektrolit yang dapat langsung diperbaiki dengan makan pisang. Pisang juga dapat mengurangi kembung, gas dan kram perut pada orang yang menderita penyakit radang usus.

5. Kanker

Pisang terdiri dari protein yang disebut lektin. Lektin ini kaya akan antioksidan yang membantu menyingkirkan radikal bebas. Jika menumpuk, radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan sel besar yang dapat menyebabkan kanker. Makanya radikal bebas perlu disingkirkan dengan pisang.