Wapres RI Harap Revitalisasi Pasar Toboali Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Rahmad Novandri | Selasa, 10/09/2024 16:11 WIB
Wapres RI Harap Revitalisasi Pasar Toboali Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Wapres RI resmikan revitalisasi Pasar Toboali di Bangka Selatan, Bangka Belitung, Selasa (10/9). (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin meresmikan Revitalisasi Pasar Toboali di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, selasa, 10 September 2024. Wapres berharap revitalisasi salah satu pasar rakyat termegah dan modern di Bangka Belitung ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan pasar rakyat merupakan salah satu indikator penting berjalannya dinamika ekonomi suatu wilayah, yang berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," kata Wapres.

Sebab, sambung Wapres, pasar menyediakan akses bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi para pedagang kecil dan menengah.

"Revitalisasi ini bertujuan menghadirkan fasilitas yang nyaman dan modern bagi pedagang dan pembeli, serta diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM dan menciptakan lingkungan usaha yang lebih kondusif bagi masyarakat," terangnya.

Melihat potensi besar kekayaan alam di wilayah Bangka Selatan, Wapres meyakini Pasar Toboali berpeluang menjadi pusat distribusi strategis bagi produk unggulan dan pangan berkualitas masyarakat setempat.

"Dengan potensi sumber daya alam daerah yang melimpah, termasuk potensi besar di sektor perikanan, hasil laut, perkebunan, dan pariwisata baharinya, saya yakin pasar ini akan menjadi lokasi distribusi yang strategis bagi produk unggulan daerah, kerajinan lokal, dan produk pangan berkualitas Bangka Selatan,” ungkapnya. 

Tidak hanya meresmikan revitalisasi Pasar Toboali, pada kesempatan yang sama Wapres juga meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah yang menghubungkan berbagai wilayah di Provinsi Bangka Belitung.

"Proyek Inpres Jalan Daerah ini merupakan salah satu bentuk nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah dan memudahkan arus barang dan jasa," tegasnya. 

Dengan adanya Inpres Jalan Daerah ini, Wapres berharap sentra-sentra ekonomi semakin terhubung, biaya logistik dan waktu tempuh dapat dikurangi, sehingga turut mendukung pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan Pasar Toboali dan proyek Inpres Jalan Daerah harus memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Pastikan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat revitalisasi pasar dan jalan daerah yang dibangun," harap Wapres.