Indeks Manufaktur Indonesia Tetap Positif

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 02/02/2024 07:02 WIB
Indeks Manufaktur Indonesia Tetap Positif Industri Manufaktur (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - S&P Global merilis hasil laporannya terkait realisasi Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Januari 2024 di level 52,9 poin. Capaian ini naik dibanding Desember 2023 yang menyentuh posisi 52,2 poin.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa Indonesia dan India kembali menorehkan kinerja industri manufaktur di awal tahun ini. Dengan laporan S&P Global tersebut, Industri di Indonesia dan India konsisten di zona ekspansif dalam 29 bulan terakhir.

“Kinerja positif tersebut menunjukkan bahwa kondisi sektor manufaktur kita terus membaik. Capaian PMI Manufaktur Indonesia ini memperpanjang periode ekspansi. Dan hanya ada dua negara, yakni Indonesia dan India yang mampu mempertahankan selama 29 bulan berturut-turut,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita atau AGK di Jakarta, Kamis 1 Februari 2024.

Sementara itu capaian PMI di beberapa negara tetangga dan mitra dagang Indonesia seperti China di level 50,8 poin, Jerman 45,4 poin, Jepang 48 poin, Amerika Serikat 50,3 poin. Kemudian Korea Selatan 51,2 poin, Malaysia 49 poin, Myanmar 44,3 poin, Filipina 50,9 poin, Taiwan 48,8 poin, Thailand 46,7 poin, Inggirs 47,3 poin dan Vietnam 50,3 poin.

AGK menegaskan meski di tengah  tahun politik yaitu Pemilihan Umum (Pemilu), sinyal positif industri manufaktur Indonesia tetap positif. Tingkat kepercayaan yang tinggi dari para pelaku industri menunjukkan bahwa sektor industri tetap solid dalam menjalankan usahanya karena didukung oleh kebijakan yang probisnis. 

Selain itu, sektor industri manufaktur Indonesia terbukti tangguh (resilience) dalam menghadapi tantangan ekonomi dan politik saat 

“Biasanya di tengah suasana politik seperti Pemilu, optimisme pelaku usaha banyak yang wait and see atau ditahan. Tetapi untuk tahun 2024 ini, optimisme mereka cukup tinggi,” jelasnya.

TAG : Manufaktur , PMI

Berita Terkait :