Banggar DPR RI Minta Tiga Capres-Cawapres Fokus Kebijakan Pangan dan Energi Hijau

Rahmad Novandri | Senin, 29/01/2024 21:50 WIB
Banggar DPR RI Minta Tiga Capres-Cawapres Fokus Kebijakan Pangan dan Energi Hijau Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah meminta tiga kandidat capres-cawapres RI 2024 untuk fokus memperkuat kebijakan pada sektor pangan dan energi hijau saat nanti terpilih. Menurutnya, investasi pada sektor pangan dan energi hijau lebih menjanjikan.

"Saya kira investasi pada sektor pangan dan energi hijau menjanjikan imbal hasil yang baik. Apalagi kedua sektor itu didukung penuh oleh kebijakan, seperti insentif perpajakan, bea masuk, dan kemudahan kemudahan lainnya seperti perizinan," kata Said dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 29 Januari 2024.

Sementara, untuk sektor di luar pangan dan energi hijau, Said berpendapat kinerja investasi bakal melambat pada tahun ini, menimbang kondisi pemilu yang memberikan ketidakpastian bagi investor.

"Saya perkirakan, investor akan menunggu, setidaknya setahun setelah pilpres, artinya baru tahun 2025 mereka melihat perkembangan konsolidasi kekuasaan di pemerintahan dan DPR. Sepanjang konsolidasi kekuasaan hasil pemilu 2024 belum terjadi, saya kira investor akan lebih menahan diri," tukasnya.

Oleh sebab itu, bila target investasi pada tahun 2024 lebih tinggi dari tahun 2023, yakni dari Rp1.400 triliun menjadi Rp1.617 triliun, Said menilai target tersebut tidak mudah dicapai oleh pemerintah.

Maka dari itu, dia berpendapat wajar bila Bank Dunia membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi lebih rendah dari target APBN 2024. Bank dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 4,9 persen, sementara asumsi makro di APBN 2024 sebesar 5,2 persen.

"Akhirnya, saya pikir berat dan berat target investasi di tahun politik ini," ujar Said.