Indonesia Tolak Diskriminasi Sawit di Depan Uni Eropa

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 31/05/2023 14:19 WIB
Indonesia Tolak Diskriminasi Sawit di Depan Uni Eropa Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Indonesia menolak ketidaksetujuan kepada Uni Eropa (UE) atas tindakan diskriminasi terhadap produk perkebunan kelapa sawit.

Sebelumnya UE mengeluarkan kebijakan diskriminasi terhadap kelapa sawir Indonesi melalui EU Deforestation- Free Regulation (EUDR) yang dikeluarkan 16 Mei 2023 silam.

“Implementasi EUDR jelas akan melukai dan merugikan komoditas perkebunan dan kehutanan yang begitu penting buat kami seperti kakao, kopi, karet, produk kayu dan minyak sawit,” jelas Menko Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu 31 Mei 2023.

Kebijakan tersebut seperti mengecilkan semua upaya Indonesia yang berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan menyangkut isu perubahan iklim hingga perlindungan biodiversity sesuai dengan kesepakatan, perjanjian dan konvensi multilateral, seperti Paris Agreement.

“Negara anggota CPOPC secara ketat sudah mengimplementasikan berbagai kebijakan di bidang konservasi hutan. Bahkan level deforestasi di Indonesia turun 75% pada periode 2019 – 2020. Indonesia juga sukses mengurangi wilayah yang terdampak kebakaran hutan menjadi 91,84%,” tegas Menko Airlangga.

TAG : Sawit , Uni Eropa

Berita Terkait :