Pasar Saham Tergelincir 14 Poin di Sesi I

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 06/04/2023 11:08 WIB
Pasar Saham Tergelincir 14 Poin di Sesi I Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tergelincir ke zona merah dengan melemah -0,22 persen atau 14 poin ke level 6.804 di awal sesi I, Kamis 6 April 2023 tepatnya pada pukul 11.05 WIB, melanjutkan penurunan -0,2 persen dari penutupan kemarin di level 6.819.

Level tertinggi sementara hari ini yaitu 6.832 di zona hijau dan terendah di level 6.804 di zona merah. Sebanyak 172 emiten bergerak menguat, 158 emiten melemah dan 219 emiten stagnan.

Pelemahan Pasar Saham dipicu perlambatan ekonomi di Negara - Negara Maju. Lowongan pekerjaan AS pada Februari turun ke level terendah dalam hampir dua tahun, menunjukkan pasar tenaga kerja mulai mendingin.

"(Data) tersebut bisa menjadi tanda pertama pelemahan di pasar tenaga kerja AS dan itu sangat besar. Tanpa itu, (Federal Reserve) akan merasa sangat sulit untuk membuat argumen bahwa mereka menghentikan siklus pengetatan," kata Craig Erlam, analis OANDA.

Trader akan mencari petunjuk tentang tren ekonomi yang lebih luas dari data non-farm payrolls AS yang akan dirilis minggu ini, karena data ekonomi yang lemah dari Amerika dan China meningkatkan kekhawatiran permintaan.

"Saat ini menimbulkan kekhawatiran tentang ekspansi ekonomi yang sehat karena aktivitas manufaktur China, zona euro, dan AS melambat bulan lalu," kata Tamas Varga, analis PVM. (ef)