Awali Pekan, Pasar Saham Melemah Tembus 1 Persen

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 20/03/2023 10:00 WIB
Awali Pekan, Pasar Saham Melemah Tembus 1 Persen Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka merosot 1,06 persen atau 69 poin ke level 6.608. Sebelumnya pada akhir pekan kemarin indeks ditutup melejit 1,71% di level 6.678.

Level tertinggi sementara hari ini yaitu 6.678 dan terendah di level 6.608. Sebanyak 138 emiten bergerak menguat, 161 emiten melemah dan 224 emiten stagnan.

Terkoreksinya harga beberapa komoditas seperti minyak mentah, CPO, dan batu bara akan menjadi sentimen negatif bagi pasar saham, disusul dengan krisis likuiditas perbankan AS yang meningkatkan peluang percepatan perlambatan ekonomi.

Melansir Indo Premier News, pelaku pasar diperkirakan masih akan berfokus pada kebijakan The Fed di pertemuan bulan maret yang diharapkan hanya akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps ditengah pelemahan ekonomi akibat krisis perbankan yang terjadi.

Sebagai informasi pada perdagangan akhir pekan lalu indeks di bursa Wall Street  kompak ditutup melemah. Kekhawatiran akan terjadinya resesi sebagai dampak dari adanya krisis likuiditas perbankan AS menjadi sentimen negatif utama bagi indeks.

 

TAG : Ihsg , saham