Dirjen Gatrik: Transisi Energi Bukan Pilihan, Tapi Kewajiban

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 03/03/2023 16:01 WIB
Dirjen Gatrik: Transisi Energi Bukan Pilihan, Tapi Kewajiban Bisnis EBT Makin Banyak Diminati (Foto: Katadata)

RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu menyatakan transisi energi dari pembangkit fosil menuju pembangkit EBT bukan merupakan pilihan, namun merupakan kewajiban. 

“Kembali kami menekankan, bahwa transisi energi dari pembangkit fosil menuju pembangkit EBT bukan merupakan pilihan, namun merupakan kewajiban demi masa depan Indonesia yang lebih baik,“ ungkap Jisman dalam keterangan tertulis, Jumat 3 Maret 2023.

Lebih lanjut Jisman menjelaskan bahwa dalam upaya mencapai target Net Zero Emission diperlukan kerja sama yang optimal dari berbagai pihak agar transisi energi tersebut dapat terlaksana dengan baik. 

“Kementerian ESDM telah berkolaborasi dengan K/L dan stakeholders terkait untuk melakukan pemodelan guna menghasilkan suatu Peta Jalan Transisi Energi Menuju Karbon Netral,“ jelas Jisman.

Peta Jalan berisikan target dan milestone yang perlu ditempuh Indonesia dari sisi supply dan demand energi untuk mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060 atau lebih cepat.

Beberapa strategi yang ditempuh adalah pemanfaatan EBT secara massif, pengembangan teknologi energy storage, implementasi kendaraan listrik dan kompor listrik, serta penerapan manajemen energi dan Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) untuk berbagai peralatan listrik.

“Peta jalan transisi energi ini diharapkan dapat dijadikan gambaran estimasi kebutuhan energi di masa depan dengan mempertimbangkan pengurangan emisi pada sektor energi sehingga dapat menciptakan pembangunan yang berkelanjutan yang ramah lingkungan,“ ucap Jisman.


Berita Terkait :