Wujudkan Swasembada Gula, Pemerintah Tingkatkan Produksi Tebu

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 21/02/2023 14:44 WIB
Wujudkan Swasembada Gula, Pemerintah Tingkatkan Produksi Tebu Seorang Petani Tebu di Desa Jokerto, Lumajang (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Demi mencapai swasembada gula konsumsi tahun 2024 pemerintah mendorong peningkatan produksi gula melalui ekstensifikasi dan intensifikasi Tebu.

“Demi mencapai swasembada gula konsumsi tahun 2024 Kementerian Pertanian berupaya mendorong peningkatan produksi gula melalui ekstensifikasi penambahan luas areal tanaman tebu dan intensifikasi melalui bongkar ratoon dan rawat ratoon,” ujar Andi Nur Alam Syah, Direktur Jenderal Perkebunan, dalam keterangan tertulis Selasa 21 Februari 2023.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga terus mempercepat produksi melalui Penyiapan benih tebu berjenjang (kebun benih) dan penataan varietas, Penerapan sistem pembelian tebu (SPT) sesuai remenden yang dihasilkan dan penerapan pola Kemitraan PG dengan petani dalam satu manajemen, serta Pemanfaatan lahan tidur atau lahan perhutani melalui kerjasama pengelolaan lahan untuk mengurangi biaya sewa lahan.

Alam memaparkan, dalam mengembangkan komoditas tebu tidaklah mudah, dihadapkan berbagai tantangan, namun itu tidak menghentikan langkah pemerintah mencari solusi tepat guna demi mendorong dan meningkatkan produksi tebu maupun gula. Peningkatan produksi ini wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasional serta antisipasi kemungkinan krisis global.

“Semoga dengan adanya berbagai upaya dan langkah strategis yang kita lakukan ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan produksi sehingga pemenuhan kebutuhan gula maupun tebu nasional dapat terpenuhi,” harap Andi Nur.

 


Berita Terkait :