BI Pertahankan Suku Bunga 5,75%

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 16/02/2023 15:30 WIB
BI Pertahankan Suku Bunga 5,75% Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan  untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50%.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan keputusan ini tetap  konsisten dengan stance kebijakan moneter pre-emptive dan forward looking untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan.

"Bank Indonesia meyakini bahwa BI7DRR sebesar 5,75% memadai untuk memastikan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023," kata Perry dalam konferensi pers virtual, Kamis 16 Februari 2023.

"Kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) diperkuat dengan pengelolaan devisa hasil ekspor melalui implementasi operasi moneter valas Devisa Hasil Ekspor (DHE) sesuai dengan mekanisme pasar," ujar Perry.

Sehubungan dengan itu, Bank Indonesia terus memperkuat respons bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan. 

TAG : Suku Bunga , BI

Berita Terkait :