IMF Harap Bank Sentral Tetap Pertahankan Suku Bunga Tinggi

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 03/02/2023 14:47 WIB
IMF Harap Bank Sentral Tetap Pertahankan Suku Bunga Tinggi IMF, Washington D.C (Doc: Financial Times)

RADARBANGSA.COM - Dana Moneter Internasional (IMF) menyerukan agar bank - bank sentral global tetap menjaga suku bunga tinggi untuk menstabilkan inflasi 

"Bank-bank sentral harus mengomunikasikan kemungkinan kebutuhan untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama sampai ada bukti bahwa inflasi - termasuk upah dan harga jasa - telah kembali ke target secara berkelanjutan," kata kepala Departemen Moneter dan Pasar Modal IMF, Tobias Adrian dan dua wakilnya dalam sebuah postingan blog, Jumat 3 Februari 2023.

Postingan tersebut juga mengatakan pelonggara sebelum waktunya bisa berisiko membangkitkan kembali inflasi yang tajam dan membuat negara menjadi lebih rentan terhadap guncangan selanjutnya.

Adapun IMF mengeluarkan fatwa pasca melihat Perilaku Investor yang mengabaikan suku bunga The Fed. Investor bertaruh bahwa Fed akan memangkas suku bunga tahun ini yang ini sudah terlihat melalui penguatan pasar saham. 

Indeks saham S&P 500 telah meningkat lebih dari 7,0 persen tahun ini dan naik lebih dari 15 persen dari level 

IMF mengatakan sejarah menunjukkan inflasi yang tinggi seringkali bertahan tanpa tindakan kebijakan moneter yang "kuat dan tegas" .

"Yang terpenting, bank-bank sentral harus menghindari salah membaca penurunan tajam harga barang dan pelonggaran kebijakan sebelum inflasi jasa dan upah, yang menyesuaikan lebih lambat, juga telah dimoderasi secara nyata," tulis para penulis.


Berita Terkait :