Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia BBB Outlook Stabil

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 16/12/2022 09:50 WIB
Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia BBB Outlook Stabil Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADRBANGSA.COM - Lembaga Pemeringkat Kredit Fitch Ratings kembali mempertahankan peringkat (rating) kredit Indonesia pada posisi BBB outlook stable, di mana afirmasi ini merupakan salah satu bentuk pengakuan atas stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi Indonesia ke depan, di tengah situasi global yang mengalami peningkatan risiko dan ketidakpastian. 

Dalam keterangan tertulis Kementerian Keuangan, Kamis malam (15/12), dijelaskan bahwa Fitch menilai prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah tergolong baik, sementara rasio utang Pemerintah terhadap PDB dinilai rendah. 

Di sisi lain, dua tantangan yang menjadi perhatian Fitch adalah penerimaan APBN yang masih relatif rendah, dan indikator struktural, seperti indikator tata kelola, yang lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain pada peringkat rating yang sama.

Seperti halnya negara-negara lain, Indonesia saat ini juga menghadapi peningkatan imbal hasil obligasi negara dan pelemahan nilai tukar terhadap dolar AS. Akan tetapi Fitch melihat Indonesia memiliki posisi yang lebih baik daripada negara-negara peers, salah satunya karena posisi Indonesia sebagai negara pengekspor komoditas. 

Dengan kinerja ekspor yang kuat dan pemulihan ekonomi domestik yang terus berlangsung, Fitch memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan mencapai 5,2%. Sementara, untuk tahun 2023, Fitch memperkirakan pertumbuhan akan melambat menjadi 4,8% akibat pelemahan permintaan domestik dan eksternal, sebagai konsekuensi terjadinya kenaikan suku bunga dan normalisasi harga komoditas. 

Di sisi lain, Fit

TAG : Fitch , Utang

Berita Terkait :