Penjualan Eceran Tumbuh Positif di November 2022

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 09/12/2022 11:46 WIB
Penjualan Eceran Tumbuh Positif di November 2022 Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menyatakan kinerja penjualan eceran tumbuh positif pada November 2022 yang tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) sebesar 204,2, atau tumbuh positif sebesar 1,6% (yoy).

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan kinerja penjualan eceran yang tumbuh ini didorong oleh tetap kuatnya pertumbuhan subkelompok sandang, kelompok barang budaya dan rekreasi. Kemudian kelompok makanan, minuman dan tembakau. 

"Secara bulanan, penjualan eceran diperkirakan tumbuh sebesar 0,7% (mtm). Kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, makanan, minuman dan tembakau, serta peralatan informasi dan komunikasi diperkirakan mengalami perlambatan karena permintaan yang terbatas akibat cuaca yang kurang mendukung," kata Erwin Haryono dalam keterangannya, Jumat (9/12).

Pada Oktober 2022, pertumbuhan penjualan eceran secara bulanan mengalami peningkatan. IPR Oktober 2022 tercatat tumbuh sebesar 2,3% (mtm) atau membaik dari bulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 1,8% (mtm). Sementara itu secara tahunan, kinerja penjualan eceran juga tercatat tumbuh positif yang tercermin dari IPR Oktober 2022 sebesar 202,7 atau tumbuh positif sebesar 3,7% (yoy). 

"Kinerja tersebut ditopang oleh perbaikan pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, di tengah penurunan kinerja kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya dan suku cadang aksesoris, serta perlambatan subkelompok sandang dan bahan bakar kendaraan bermotor," sambungnya.


Berita Terkait :