Wapres Maruf Amin Harap Indonesia Tidak Jadi `Pasien` IMF

Rahmad Novandri | Kamis, 20/10/2022 18:03 WIB
Wapres Maruf Amin Harap Indonesia Tidak Jadi `Pasien` IMF KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres), KH Maruf Amin berharap agar Indonesia tidak menjadi `Pasien` Dana Moneter Internasional (IMF). Disampaikannya, banyak negara yang saat ini telah menjadi pasien IMF.

"Kita tahu bahwa sekarang ternyata banyak negara menjadi pasien IMF, kalau tidak salah ada 28 negara, tapi alhamdulillah kita Insya Allah tidak masuk pasien IMF," kata Kiai Maruf dalam konferensi pers pembukaan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Tangerang, Banten, Kamis, 20 Oktober 2022.

Tepat hari ini genap tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin sejak dilantik tahun 2019 lalu. Kiai Maruf berharap pemerintah dapat mewujudkan program dan cita-cita yang sudah disusun sejak awal periode.

"Pak Jokowi dan saya sudah berusaha mewujudkan apa yang menjadi program dan cita-cita, terutama karena masanya Pak Jokowi dengan saya itu kan hanya tiga bulan ya, masa normalnya, seluruhnya itu pandemi," ujarnya.

Artinya selama sisa masa pemerintahan, tutur Wapres, pemerintahan otomatis bekerja untuk mencegah agar pandemi tidak menghancurkan Indonesia. "Pertumbuhan (ekonomi) kita juga bagus 5,4 persen, bahkan inflasi kita 4,9 persen dan orang lain di atas kita. Ini salah satu upaya kita bersama," tukasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyebut ada 28 negara yang sudah antre masuk menjadi "pasien" IMF karena masalah pandemi dan diperparah dengan perang antara Rusia dan Ukraina.