Industri Pengolahan Buah Tembus Pasar AS - Korea

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 02/03/2022 07:06 WIB
Industri Pengolahan Buah Tembus Pasar AS - Korea Industri Makanan dan Minuman (Mamin) (Doc: Pelaku Bisnis)

RADARBANGSA.COM – Salah satu pelaku industri pengolahan buah di tanah air berhasil melakukan ekspansi bisnis ke pasar Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Adalah PT Fruit Ing Indonesia yang berhasil meyakinkan negara importir bahwa produk mereka aman, berkualitas dan tentunya telah memenuhi standar yang cukup negara mereka yang ketat.

Managing Direktor PT Fruit Ing Indonesia, Iwan Winardi mengatakan jika perusahaan memproduksi produk siap konsumsi (end product) dan produk antara (intermediate products) yang menjadi bahan baku bagi industri hilir berupa puree buah, dried fruit, dan individual quick frozen (IQF) food.

Produk antara pengolahan buah memiliki peluang pengembangan yang besar. Dengan volume produksi buah segar yang besar, dapat diproses menjadi produk antara untuk memenuhi kebutuhan sektor hilir dalam rangka mengurangi impor.

Dalam proses produksinya, perusahaan sudah bermitra dengan kelompok petani atau koperasi buah lokal untuk mendapatkan bahan bakunya.

“Kemitraan merupakan salah satu bentuk upaya industri dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku, meningkatkan pemanfaatan dan nilai tambah sumber daya lokal serta ikut berperan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petani,” demikian yang diungkap dalam keterangan resmi, Selasa 1 Februari 2022.

Sebagai informasi, produksi buah dalam negeri sangatlah besar dan perlu diolah lebih optimal lagi. Beberapa buah yang potensial ini antara lain pisang dengan jumlah produksi 7,2 juta ton per tahun, mangga (2,6 juta ton), jeruk siam (2,4 juta ton), nanas (1,8 juta ton), dan pepaya (887 ribu ton).

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berita Terkait :