IMF Desak Negara Kaya Sumbang Vaksin Covid-19

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 23/09/2021 08:37 WIB
IMF Desak Negara Kaya Sumbang Vaksin Covid-19 IMF, Washington D.C (Doc: Financial Times)

RADARBANGSA.COM - Dana Moneter Internasional (IMF) meminta negara-negara kaya untuk meningkatkan pengiriman vaksin covid-19 ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Kepala Ekonom IMF, Gita Gopinath menyerukan tindakan terkoordinasi untuk memastikan dunia memenuhi target vaksinasi Covid-19 sebesar 40 persen orang di setiap negara pada akhir 2021. Ia mendukung keputusan India yang baru-baru ini bersedia melanjutkan ekspor vaksin.

"Tetapi negara dengan kekuatan ekonomi utama juga harus meningkatkan pengiriman vaksin untuk menghormati janji mereka," kata Gopinath dikutip dari Republika, Kamis 23 September 2021.

Gopinath mengatakan, negara-negara kaya G7 hanya mengirimkan 14 persen dari total dosis vaksin yang telah mereka janjikan. Bila kiriman vaksin ditingkatkan menjadi 50 persen, maka ia optimistis akan memberikan dosis yang cukup untuk mencapai target global tahun 2021. 

Sebelumnya, Preside AS Joe Biden telah menantang para pemimpin dunia untuk meningkatkan target itu menjadi 70 persen pada saat Sidang Umum PBB tahun depan

"Tidak cukup membuat pengumuman dan janji. Anda harus melakukannya," ujar Gopinath.

Gopinath menekankan pentingnya mengalokasikan pasokan vaksin yang memadai. Terutama ke negara-negara Afrika dengan defisit besar pada akhir tahun.

Sebagaimana diketahui, pandemi telah menewaskan hampir lima juta orang di seluruh dunia. IMF telah memperingatkan prospek kesehatan yang sangat tidak setara. Dengan hanya dua persen orang di negara-negara berpenghasilan rendah yang divaksinasi hingga saat ini yang menimbulkan risiko parah.


Berita Terkait :