El Salvador Resmikan Bitcoin jadi Alat Pembayaran

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 08/09/2021 10:13 WIB
El Salvador Resmikan Bitcoin jadi Alat Pembayaran Bitcoin (sumber: cnbcindonesia.com)

RADARBANGSA.COM - El Salvador telah menjadi negara pertama yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Mulai Selasa, pelaku usaha akan diwajibkan, jika memungkinkan, untuk menerima koin digital kontroversial ini sebagai pembayaran.

Mengutip BBC, jutaan orang diharapkan mengunduh aplikasi dompet digital baru pemerintah yang memberikan 30 dolar AS dalam bentuk Bitcoin kepada setiap warga negara.

Saat ini, lebih dari 200 mesin ATM baru sedang dipasang di seluruh negeri untuk memungkinkan dolar dikonversi menjadi Bitcoin.

Protes baru-baru ini di ibu kota, San Salvador, telah menunjukkan kurangnya kepercayaan di antara warga yang merasa tindakan itu merupakan gangguan dari aturan kontroversial pemerintah.

Sebuah survei oleh Central American University (UCA) menemukan bahwa hanya 4,8 persen dari 1.281 orang yang memahami apa itu Bitcoin dan bagaimana penggunaannya.

Lebih dari 68 persen yang ditanyai mengatakan bahwa mereka tidak setuju dengan penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Sebagai contoh, Jeanette Sandoval (70 tahun) yang menjual bahan makanan mengatakan bahwa ia tidak akan menggunakan Bitcoin.

"Saya selalu terbuka untuk berubah, tapi kali ini saya tidak setuju. Pelanggan kami mengatakan mereka tidak akan membayar dalam Bitcoin," ujar Sandoval.

Menurut Sandoval, di negaranya ada banyak orang yang buta huruf dan hampir tidak memiliki ponsel, bukan yang ponsel pintar, tetapi yang tua. Mereka tidak akan menggunakannya.


Berita Terkait :