BREN Kolaborasi dengan SMI Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 30/08/2021 07:07 WIB
BREN Kolaborasi dengan SMI Kembangkan Energi Baru Terbarukan Sektor Energi Baru Terbarukan (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Perusahaan anak BUMN, PT Brantas Energi (BREN) yang berkolaborasi dengan PT Sarana Multi Infrastruktur/SMI (Persero) untuk mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Aksi itu ditunjukkan dengan penandatangan nota kesepahaman pendanaan pembangunan infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Maiting Hulu. Adapun penandatanganan dilakukan di Kantor Pusat Brantas Abipraya, Jakarta.

"Sinergi ini merupakan salah satu langkah nyata penerapan AKHLAK BUMN, kolaborasi antara anak usaha Abipraya dengan SMI untuk merealisasikan target pemerintah sesuai PP No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional dan Peraturan Presiden No. 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional, yaitu tercapainya bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2025,” ujar Sutjipto, Direktur Utama Brantas Energi dalam keterangannya, dikutip Senin 30 Agustus 2021.

Ditambahkan Sutjipto, kiprah BREN dalam membangun unit pembangkit hidro tidak terlepas dari kerjasama dengan SMI yang telah terjalin sejak tahun 2018.

Hingga kini BREN telah berhasil membangun dua unit pembangkit hidro dan satu unit pembangkit tenaga surya dengan total kapasitas 14 Mega Watt (MW).

Diantaranya adalah PLTM Padang Guci di Bengkulu sebesar 3 x 2 MW, PLTM Sako-1 yang berlokasi di Sumatera Barat dengan daya 2 x 3 MW, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Gorontalo sebesar 2 MW.

BREN saat ini juga sedang merampungkan dua unit pembangkit hidro berkapasitas 15 MW yaitu PLTM Padang Guci-2 yang berada di Kabupaten Kaur, Bengkulu sebesar 2 x 3,5 MW dan PLTM Maiting Hulu di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, berkapasitas 2 x 4 MW.

Nantinya dua PLTM ini direncanakan akan berproduksi pada triwulan IV tahun 2021 dan Triwulan 1 tahun 2022.

 


Berita Terkait :