Nilai Transaksi Perdagangan Digital Diprediksi Tembus Rp330,7 Triliun

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 16/08/2021 14:07 WIB
Nilai Transaksi Perdagangan Digital Diprediksi Tembus Rp330,7 Triliun Skema pembayaran digital melalui QRIS Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sepanjang tahun ini, nilai transaksi perdagangan digital Indonesia diprediksi mencapai Rp330,7 triliun. Perkiraan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR, Jakarta, Senin 16 Agustus 2021.

"Sampai Agustus tahun ini, sudah lebih dari 14 juta UMKM atau 22% dari total  UMKM  yang  sudah  bergabung  dengan  aplikasi perdagangan elektronik," katanya.

Jokowi menegaskan partisipasi dalam ekonomi digital ini sangat penting karena potensinya  yang sangat besar dan mempermudah UMKM untuk masuk ke rantai pasok global.

“Perluasan akses pasar bagi produk-produk dalam negeri  menjadi perhatian serius  pemerintah," ujar Jokowi.

Di sisi lain, digitalisasi UMKM yang masuk ke aplikasi  perdagangan elektronik dan lokapasar jumlahnya terus bertambah. 

“Pandemi telah mengajarkan kepada pemerintah untuk mencari titik keseimbangan antara gas dan rem, keseimbangan antara kepentingan  kesehatan dan perekonomian. Dalam mengambil keputusan akan merujuk kepada data, serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Pemerintah harus selalu tanggap terhadap perubahan keadaan, dari hari ke hari secara cermat," tutup Jokowi.

 


Berita Terkait :