Kabar Perpanjangan PPKM Darurat Tekan Laju Rupiah

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 15/07/2021 14:01 WIB
Kabar Perpanjangan PPKM Darurat Tekan Laju Rupiah Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang ditransaksikan pada perdagangan Kamis Siang melemah.

Sentimen perpanjangan kebijakan PPKM Darurat akibat lonjakan Covid-19 menjadi faktor utama yang menekan laju pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, pukul 13.41 WIB, kkurs rupiah diperdagangkan pada level Rp14.497 per dolar AS. Posisi tersebut melemah 17 poin atau 0,12% dibandingkan dengan posisi penutupan pasar di level Rp14.480 per dolar AS.

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra, mengatakan bahwa kurs rupiah masih berpotensi tertekan dengan kekhawatiran pelaku pasar yang meningkat terhadap kenaikan kasus baru Covid-19 di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia sendiri.

"PPKM darurat yang berpotensi diperpanjang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pelaku pasar. Jelas ini bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Ariston seperti dikutip dari laman Indo Premier News, Kamis 15 Juli 2021.

Dari informasi terbaru penambahan kasus Covid-19 pada Rabu bertambah 54.517 pasien. Penambahan kasus harian tersebut menjadi rekor tertinggi di Indonesia selama pandemi Covid-19.

Adapun total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia kemarin yakni 2.670.046 pasien.

Tapi di sisi lain, sentimen positif datang dari Gubernur Bank Sentral AS, Jerome Powell. Di hadapan anggota komite jasa keuangan ia mengatakan kebijakan moneter AS masih belum berubah lantaran kondisi tenaga kerja yang belum membaik

“Dolar AS terlihat melemah terhadap mata uang utama dunia kemarin setelah pernyataan Powell tersebut," ujar Ariston.

Potensi pelemahan rupiah hari ini diprediksi ke arah Rp14.520 per dolar AS, dengan potensi support di kisaran Rp14.460 per dolar AS.