Awal Ramadan, Mendag Lutfi: Harga Kebutuhan Pokok Aman dan Stabil

M. Isa | Selasa, 13/04/2021 22:10 WIB
Awal Ramadan, Mendag Lutfi: Harga Kebutuhan Pokok Aman dan Stabil Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menyambangi Pasar di Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana di Bandung (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi menegaskan, memasuki bulan Ramadan 1442 H harga barang kebutuhan pokok (bapok) stabil dan ketersediaan pasokan aman.

"Dengan kondisi ini, kami berharap masyarakat dapat berpuasa dan menyambut Lebaran dengan tenang," kata Mendag Muhammad Lutfi saat berada di Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana di Bandung, Jawa Barat, Selasa 13 April 2021. 

Menurut Mendag, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok makanan di masyarakat. Untuk sementara, katanya, berdasarkan pantauannya, persediaan bapk masih aman dan stabil.

"Dari hasil pantauan di Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana di hari pertama puasa ini, secara keseluruhan harga bapok stabil dan pasokan bapok tersedia. Secara umum, komoditas bapok di pasar tidak mengalami gejolak harga,” ujar Mendag Lutfi.

“Kami melihat ada komoditas yang harganya turun seperti cabai turun 20–25 persen dibandingkan minggu lalu dan akan terus turun sesuai masa panen cabai dan bawang. Di Bandung ini harga beras medium dan premium lebih rendah dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan, harga gula cukup stabil,” tambahnya.

Sementara itu, Mendag Lutfi menyebutkan, ada kenaikan harga minyak goreng yang disebabkan adanya kenaikan harga CPO pada 2021 sebesar 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Saya akan berkoordinasi dengan industri untuk memastikan adanya suplai lebih agar harga tidak terlalu tinggi. Hal ini akan segera kita laksanakan. Sehingga, mudah-mudahan minggu depan kita dapat melihat penurunannya,” pungkasnya.


Berita Terkait :