BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Perekonomian Meningkat

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 09/04/2021 12:32 WIB
BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Perekonomian Meningkat Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil Survei Konsumen (SK) terkait keyakinan konsumen pada perekonomian periode Maret 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menyatakan bahwa optimisme konsumen terhadap perekonomian semakin membaik disusul dengan naiknya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2021 di angka 93,4, atau meningkat dari angka 84,9 di bulan Februari 2021.

“Responden menyampaikan bahwa perbaikan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang,” Sambung Onny, Jumat 9 April 2021.

Ia menerangkan perbaikan keyakinan konsumen ini tak lain dipengaruhi oleh program vaksinasi nasional yang berjalan lancar.

Lebih rinci, perbaikan keyakinan konsumen itu terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, serta pada seluruh kelompok pendidikan.

Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei, tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado kemudian Pontianak.

 


Berita Terkait :