Kementan dan Petani Amankan Stok Cabai Jelang HBKN

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 30/03/2021 14:06 WIB
Kementan dan Petani Amankan Stok Cabai Jelang HBKN Cabai Rawit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), Kementerian Pertanian dan Petani Cabai mengamankan stok cabai di seluruh wilayah.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto juga optimis bahwa pasokan cabai tahun ini akan sangat memenuhi.

“Untuk menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri kita harus pastikan agar cabai tersedia dalam jumlah yang cukup. Gejolak harga yang terjadi beberapa bulan ini tidak berlanjut hingga memasuki bulan puasa nanti,” ujar Sesditjen Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari dalam rapat koordinasi dengan para pelaku usaha (petani) cabai di wilayah sentra-sentra besar di Jawa, Selasa 30 Maret 2021.

Melalui koordinasi dengan para petani cabai di wilayah tersebut, terkonfirmasi bahwa pasokan aneka cabai aman.

Tercatat potensi luas panen cabai rawit pada April 5.851 hektare, Mei 10.178 hektare. Cabai keriting pada April 3.410 hektare, Mei 3.304 hektare sedangkan cabai besar pada April 3.345 hektare dan Mei 2.200 hektare.

“Meskipun kondisi panen di Blitar saat ini mengalami penurunan akibat efek berantai sejak pandemi Covid-19 namun diprediksi luas panen cabai rawit akan terus meningkat,” ujar perwakilan pelaku usaha cabai asal Blitar, Sarwi.

Sarwi menutukan bahwa Blitar akan memasuki panen raya pada April – Mei dengan luas panen cabai rawit 2.080 hektare dan Mei 6.540 hektare.

Sejalan dengan Sarwi, petani asal Magelang Darno mengatakan bahwa volume cabai yang dikirim dari Magelang ke Jakarta saat ini kurang lebih 30 truk.

“Kapasitas per truk 6,5 ton. Artinya total pengiriman per hari mencapai 195 ton. Diprediksi pasokan aman pada bulan April – Mei mendatang,” paparnya.

Para pelaku usaha bersepakat untuk mendukung kegiatan untuk kemaslahatan bersama. Mereka siap mencurahkan pemikiran, tenaga dan ide-ide demi kemajuan pertanian hortikultura khususnya cabai.


Berita Terkait :