IHSG Merah Tertekan Isu Virus Corona Jenis Baru di Inggris

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 22/12/2020 13:14 WIB
IHSG Merah Tertekan Isu Virus Corona Jenis Baru di Inggris Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka merah pada perdagangan Selasa, 22 Desember 2020.

Pengamat mengatakan kabar virus corona jenis baru di Inggris telah mendorong investor ramai-ramai menarik dana dari pasar modal.

Melansir data RTI, IHSG diawal pra perdagangan turun 18,9 basis poin ke level 6.146 atau melemah 0,31 persen dibandingkan penutupan kemarin di level 6.165.

Sementara itu indeks LQ45 juga bergerak mmerah, pada awal pra perdagangan indeks ini turun 4,7 basis poin atau melemah 0,49 persen menuju level 966.

Selain itu tercatat 78 saham turut melemah dan 211 saham belum ditransaksikan.

Pengamat sekuritas memprediksi laju IHSG akan tertahan sepanjang hari ini yang tak lain karena ketakutan investor akan virus corona jenis baru.

Perkiraannya, IHSG akan bergerak di posisi 6.126 sampai 6.218.

Sebagaimana diketahui, dunia kembali dikejutkan dalam beberapa hari terakhir terkait penemuan varian baru virus corona di Inggris.

Pemerintah Inggris menyebut-nyebut jika jenis virus corona baru ini 70 persen lebih menular.

Akibatnya, sekitar 40 negara kini mengambil langkah memblokir Inggris baik menutup perbatasan, ataupun memutus rute perdagangan.

Beberapa negara tersebut juga membatasi kedatangan penumpang pesawat dari Inggris, yang lantas juga membuat kekacuan di bandara sana.


Berita Terkait :