Satgas HPM Terima Banyak Keluhan untuk Surveyor Nikel

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 04/12/2020 09:04 WIB
Satgas HPM Terima Banyak Keluhan untuk Surveyor Nikel Nikel (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Tim Satuan Tugas (Satgas) Harga Patokan Mineral (HPM) Nikel menyampaikan jika pihaknya telah menerima banyak komplain dari pembeli terhadap surveyor terkait kegiatan transaksi dan verifikasi mineral logam, khususnya nikel.

“Pihak penjual telah melaporkan adanya perselisihan dalam hasil verifikasi kualitas dan kuantitas bijih nikel yang dikeluarkan oleh pihak surveyor,” kata Ketua Pelaksana Tim Kerja Pengawasan Pelaksanaan HPM Nikel , Septian Hario Seto dalam rilisnya, Kamis 3 Desember 2020.

Keluhan lain yang diterima oleh satgas adalah pihak surveyor memakan waktu yang sangat lama dalam menerbitkan Certificate of Analysis (COA).

“Untuk itu, kita akhirnya mengundang seluruh surveyor untuk meminta penjelasan dan menegaskan kembali aturan yang ada di Permen ESDM” tambah Seto.

Seto lantas menegaskan bahwa seluruh permasalahan antara surveyor dengan pihak penjual yang saat ini ada harus sudah selesai dalam satu minggu ke depan. Begitu pula dengan COA yang masih belum terbit diluar jangka waktu periode dalam kontrak, harus segera diterbitkan dalam kurun waktu satu minggu.

“Tidak boleh ada kesalahan dalam COA, semua harus diselesaikan sesuai target timeline. Kami selaku Tim Satgas akan terus monitor perkembangan aktivitas para surveyor. Apabila ditemukan kesalahan yang disengaja, maka kami tidak akan segan merekomendasikan pencabutan izin operasi,” tegas Seto.

 


Berita Terkait :