BKPM Catat Realisasi Investasi di Luar Pulau Jawa Lebih Unggul

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 10/11/2020 08:02 WIB
BKPM Catat Realisasi Investasi di Luar Pulau Jawa Lebih Unggul Kawasan Industri di Indonesia (Foto: Alinea.id)

RADARBANGSA.COM - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan jika realisasi investasi di luar Jawa lebih unggul di Triwulan III 2020 daripada di Pulau Jawa itu sendiri.

Angka investasi ini mencapai Rp110,4 triliun yang juga meningkat 17,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019.

Sementara untuk realisasi investasi di Pulau Jawa sebesar adalah Rp98,6 triliun atau turun sebesar 12% dibandingkan dengan periode triwulan yang sama pada tahun 2019.

“Lebih besarnya porsi realisasi investasi di luar Jawa dibanding Jawa kali ini merupakan pertama kali sejak data realisasi investasi Triwulan IV tahun 2016 lalu," Ungkap Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Imam Soejedi dalam keterangan resminya, Senin 9 November 2020.

Imam mencatat salah satu faktor pendorong pemerataan realisasi investasi ke luar Jawa yaitu infrastruktur yang memadai serta ketersediaan bahan baku.

“Saat ini luar Jawa semakin memiliki daya tarik bagi investor, di antaranya karena infrastruktur yang sudah dibangun di periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi,” imbuh Imam.

Ke depan, ia mengatakan jika Pemerintah akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di luar Jawa, sehingga siap untuk dijadikan sebagai lokasi investasi bagi para investor.


Berita Terkait :