Survei: Penjualan Eceran di Bulan Juli Mulai Pulih

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 09/09/2020 12:57 WIB
Survei: Penjualan Eceran di Bulan Juli Mulai Pulih Aktivitas Ekonomi di pusat perbelanjaan. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Trafik penjualan eceran di Bulan Juli mulai menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Survey Bank Indonesia mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus berada di angka -12,3%, membaik dari posisi di Bulan Juni yang berada di -17,1%.

“Penjualan eceran terus membaik meskipun masih berada dalam fase kontraksi,” ungkap Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko, Rabu 9 Agustus 2020.

Perbaikan penjualan terjadi pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei, dengan penjualan pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau mengalami kontraksi paling rendah, dengan pertumbuhan sebesar -1,9% (yoy). Hal ini juga sejalan dengan peningkatan daya beli masyarakat dan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Sementara itu Ia memprediksi jika di Bulan Agustus kinerja penjualan eceran akan lebih membaik.

“Kinerja penjualan eceran diprakirakan terus membaik pada Agustus 2020 dengan ditopang hampir seluruh kelompok barang,” lanjutnya.

Ia memprediksi indeks IPR Agustus akan berada di -10,1% (yoy) didukung oleh pertumbuhan yang mulai positif dari penjualan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

Sementara itu, kelompok barang yang lain diprakirakan juga mengalami perbaikan dengan kontraksi yang menurun, kecuali kelompok barang Pelengkapan Rumah Tangga Lainnya.


Berita Terkait :