Digitalisasi 4.0, IKM Logam Mulai Terapkan Sistem ERP

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 09/07/2020 11:38 WIB
Digitalisasi 4.0, IKM Logam Mulai Terapkan Sistem ERP Pengusahan Mikro di Sektor Logam (Doc: Tribun)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pandemi telah mengarahkan seluruh sektor saat ini untuk bertransformasi secara digital. Hal ini terus diupayakan oleh Pemerintah sejalan dengan Impelementasi Industri 4.0 di sektor Industri Kecil Menengah (IKM).

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Gati WIbawaningsih mengatakan pihaknya telab menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) di salah satu IKM Logam, PT. Sinar Mulia Teknalum.

“Implementasi sistem ini akan memudahkan dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan serta mengintegrasikan semua divisi di dalam perusahaan,” tuturnya di Jakarta, Rabu 8 Juli 2020.

Sistem ERP memungkinkan bagi perusahaan melakukan perencanaan produksi dengan lebih mudah, mendapatkan informasi efisiensi proses produksi, mengevaluasi kapasitas mesin, dan efektivitas tenaga kerja di lapangan.

“Hal ini berguna bagi IKM untuk dapat melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap proses-proses yang belum efisien dan melihat ketercapaian visi dan misi perusahaan sebagai bentuk pemenuhan standar ISO 9001:2015,” papar Gati.

Lebih lanjut, aplikasi ERP bisa menjadi salah satu solusi bagi pelaku usaha karena keuntungan yang didapat, antara lain memberikan informasi dengan waktu respons yang cepat, meningkatkan interaksi antar bagian dalam suatu organisasi, dan meningkatkan pengelolaan siklus pemesanan barang.

“Jadi, sistem ERP ini adalah sebuah sistem software yang dibutuhkan oleh setiap pengusaha, termasuk sektor IKM untuk bisa lebih mengembangkan bisnis dan usahanya secara profesional dan tepat guna, yang dapat mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses bisnis,” imbuhnya.


Berita Terkait :