Menteri Agus Suparmanto: Harga Gula Kembali Normal

M. Isa | Kamis, 11/06/2020 22:11 WIB
Menteri Agus Suparmanto: Harga Gula Kembali Normal Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: kemendaggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menyampaikan bahwa harga gula kini kembali normal, sesuai harga eceran tertinggi, yaitu Rp12.500/kg dan harga bawang putih sudah mulai terkendali.

“Harga gula kini kembali normal,” kata Mendag Agus Suparmanto dalam konferensi pers virtualnya di Jakarta, Kamis 11 Juni 2020.

Seraya menambahkan, Sekretaris Jenderal Suhanto sekaligus Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri menambahkan, Kementerian Perdagangan menjamin ketersediaan pasokan gula di pasar rakyat dan ritel modern.

Harga gula kini telah mengalami penurunan yang sangat signifikan dibandingkan dengan saat bulan Ramadan. Kementerian Perdagangan juga menjamin tersedianya pasokan gula di pasar rakyat serta ritel modern. Khusus ritel modern, jaminan ketersediaan pasokan gula ini juga didukung Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir karena harga relatif stabil sesuai HET, yaitu Rp12.500/kg,” tegas Suhanto.

Lebih lanjut, kata Suhanto, untuk beberapa wilayah yang harga gulanya masih mahal, Kementerian Perdagangan telah memerintahkan kepada produsen dan distributor untuk memasok komoditas tersebut melalui operasi pasar atau langsung ke pedagang pasar.

Sementara itu, berdasarkan pantauan hari ini di 223 pasar di 34 provinsi di seluruh Indonesia, harga bawang putih Honan rata-rata nasional Rp27.600/kg dan bawang putih kating Rp31.800/kg. “Harga tersebut sudah turun jauh dibandingkan sebelum dikeluarkannya kebijakan relaksasi impor bawang putih. Sehingga dapat terlihat, kebijakan yang dikeluarkan Kemendag untuk menstabilkan harga bawang putih sudah mencapai sasaran,” jelas Suhanto.