Mendag Kembali Gelar Operasi Pasar

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 27/05/2020 13:30 WIB
Mendag Kembali Gelar Operasi Pasar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto kembali menggelar operasi pasar untuk mengecek ketersediaan dan harga barang pokok (bapok). Operasi pasar yang kesekian kalinya ini dilakukan untuk memastikan keseluruhan barang  tetap terjangkau oleh masyarakat.

“Saya kembali memantau stok dan harga kebutuhan pokok di pasar secara langsung. Sampai H+3 Lebaran ini, harga-harga relatif masih stabil dan bahkan cenderung turun untuk beberapa komoditi seperti bawang putih dan bawang bombai. Bawang merah yang masih tercatat tinggi sekitar Rp60.000/kg karena kurangnga produksi. Sehingga produksi ini yang akan terus digenjot untuk menstabilkan harga,” tegas Mendag Agus dalam keterangan resminya, Selasa 26 Mei 2020.

Dalam kunjungannya ke Pasar Jatinegara Jakarta dan Pasar Baru Bekasi, Agus menyebut harga-harga bapok masih relatif stabil seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, telur ayam ras, dan cabai merah keriting. Beberapa komoditi, lanjutnya telah mengalami penurunan yang cukup signifikan di atas 5 persen yaitu cabai rawit merah dan bawang putih. Namun demikian beberapa komoditi masih mengalami kenaikan yaitu daging ayam, bawang merah, dan cabai merah besar.

Selain itu, pihaknya juga melakukan operasi Pasar Gula di Pasar Jatinegara sebanyak 12 ton dan di Pasar Baru Bekasi sebanyak 4 ton bekerja. Operasi pasar gula ini akan terus dilakukan sampai harga gula turun dan stabil.

“Dengan demikian saya pastikan stok gula untuk seluruh wilayah di Indonesia pada masa Lebaran ini sampai masa panen tebu rakyat tiba, dapat dipastikan cukup dan harga terjangkau masyarakat,” ujar Mendag Agus.