Presiden Jokowi Minta Tol Laut Tingkatkan Perekonomian Daerah

M. Isa | Kamis, 05/03/2020 18:35 WIB
Presiden Jokowi Minta Tol Laut Tingkatkan Perekonomian Daerah Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Jepang Motegi Toshimitsu, di Istana Merdeka (foto: setkabgoig)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melakukan Rapat Terbatas (ratas) mengenai Akselerasi Program Tol Laut bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Dalam arahannya, Presididen Jokowi meminta bawahannya untuk fokus pada nilai tambah tol laut bagi perekonomian daerah, “Di sini saya mencatat bahwa transportasi laut hanya menyumbang 0,3% dari keseluruhan PDB kita,” katanya.

Dilansir setkabgoid, Presiden Jokowi menuturkan bahwa angka diatas jauh lebih rendah dibandingkan kontribusi udara maupun transportasi dara, “Ini angkanya, transportasi darat pada PDB per September 2019 sebesar 2,4 meningkat 2,14% pada tahun 2014 menjadi 2,47 pada 2019,” tuturnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar ini segera diperbaiki dan tol laut juga terkoneksi dengan kawasan industri maupun sentra-sentra ekonomi lokal.

”Saya juga minta pemerintah daerah, BUMD terlibat dalam pengembangan dan pemanfaatan tol laut ini sehingga memiliki dampak yang positif terhadap ekonomi lokal,” tukasnya.