Pemerintah Harapkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Operasi 2024

M. Isa | Rabu, 25/09/2019 19:26 WIB
Pemerintah Harapkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Operasi 2024 Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyaksikan penandatangan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Jepang soal Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api Jakarta-Surabaya melalui Summary Record On The Java North Line Upgrading Project di Jakarta, Selasa 24 September 2019.

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi K. Sumadi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Jepang yang sejak Tahun 2017 sudah sangat berperan aktif dalam proyek tersebut.

Menurutnya, pada Bulan Juni 2019 sampai dengan Oktober 2020 nanti, pihak Jepang melalui JICA akan melaksanakan Preparatory Survey on Java North Line Upgrading Project.

“Pada akhir Mei 2020, Tim Konsultan JICA akan memberikan hasil awal studi yang diharapkan dapat memberikan gambaran objektif bagi Pemerintah Indonesia dalam mengambil keputusan, baik secara teknis, skema pembiayaan proyek maupun kebijakan operasional,” ungkap Menhub.

Menhub berharap, segmen Jakarta-Cirebon dapat dioperasikan pada tahun 2024 mendatang sehingga pada 2025 proyek tersebut dapat diselesaikan hingga Surabaya.

“Jadi kita harapkan 2025 sudah selesai sampai Surabaya,” kata Menhub.

TAG : Kereta Cepat ,