Ganjil-Genap Tol Cikampek Berlaku, Pemerintah Siapkan Bus

M. Isa | Senin, 05/03/2018 22:23 WIB
Ganjil-Genap Tol Cikampek Berlaku, Pemerintah Siapkan Bus Ilustrasi Kendaraan melewati jalan tol (Foto: BeritaHati)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pemerintah akan menyiapkan bus Transjabotabek Premium untuk memfasilitasi penumpang yang tak menggunakan mobil pribadi setelah kebijakan ganjil-genap tol Cikampek-Jakarta diberlakukan.

"Ini mulai tanggal 12 Maret 2018. Bus yang disediakan untuk menampung mereka yang tidak cukup di mobil pribadi pindah ke bus," kata Budi di Jakarta, Senin 5 Maret 2018.

Pemerintah menyakini kebijakan ganjil-genap tol Cikampek-Jakarta akan memangkas kemacetan hingga 40 persen. Tentu dengan disediakan bus dapat membantu masyarakat yang hendak ke Jakarta atau sebaliknya.

"Dengan begitu, bayangkan selama ini ada 20 kendaraan disubstitusi dengan satu bus, jadi harapannya yang bagus ya naik bus," harapnya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Pri mengatakan bahwa tarif bus Bekasi-Jakarta sebesar Rp10 ribu. Bus tersebut nantinya disediakan di dua titik yakni Mega City Bekasi Barat dan Grand Dhika Bekasi.