Victor Osimhen Raih Gelar Pemain Terbaik Afrika 2023, Kalahkan Mohammed Salah

Rahmad Novandri | Selasa, 12/12/2023 14:51 WIB
Victor Osimhen Raih Gelar Pemain Terbaik Afrika 2023, Kalahkan Mohammed Salah Victor Osimhen berhasil meraih gelar Pemain Terbaik Afrika 2023. (Foto: twitter @yabaleftonline)

RADARBANGSA.COM - Pemain Napoli, Victor Osimhen berhasil memenangkan gelar Pemain Terbaik Afrika 2023. Penobatan itu dilakukan oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) di Marrakesh, Maroko.

Pemain yang mengantarkan Napoli menjadi juara Serie A Liga Italia 2022/2023 itu menjadi Pemain Terbaik Afrika 2023 dengan mengalahkan winger Liverpool, Mohamed Salah, yang berasal dari Mesir, dan Achraf Hakimi asal Maroko.

Keberhasilan Victor Osimhen ini juga menjadi yang pertama bagi pesepak bola Nigeria setelah terakhir kalinya Nwankwo Kanu mendapatkannya pada 1999.

Tak hanya Victor Osimhen, pemain sepak bola wanita asal Nigeria, Asisat Oshoala juga menjadi pesepak bola wanita terbaik Afrika tahun ini, yang merupakan penghargaan keenam yang didapatkan pemain yang berkarier di Barcelona itu.

mendapatkan penghargaan individu bergengsi di Afrika itu untuk kali pertama setelah penampilan yang bersinar pada musim 2022/2023.

Victor Osimhen mencetak 26 gol dalam 32 penampilan, termasuk gol penentu yang mengamankan gelar Scudetto yang kali pertama diraih Napoli selama 33 tahun terakhir.

Mantan pemain Wolfsburg dan Lille itu juga menjadi pesepak bola terbaik versi asosiasi pesepak bola Italia pada awal bulan ini.

Bersama Timnas Nigeria, Osimhen sukses mencetak lima gol dalam empat pertandingan kualifikasi Piala Afrika, di mana negaranya melaju ke putaran final yang digelar tahun depan.

Osimhen juga menjadi pemain Nigeria pertama yang berada di 10 besar pemungutan suara Ballon d'Or, dengan berada di posisi kedelapan.

Pemain Terbaik Putra: Victor Osimhen (Napoli & Nigeria)

Pemain Terbaik Putri: Asisat Oshoala (Barcelona & Nigeria)

Pelatih Terbaik Putra: Walid Regragui (Maroko)

Pelatih Terbaik Putri: Desiree Ellis (Afrika Selatan)

Timnas Terbaik Putra: Maroko

Timnas Terbaik Putri: Nigeria

Kiper Terbaik Putra: Yassine Bounou (Al Hilal & Maroko)

Kiper Terbaik Putri: Chiamaka Nnadozie (Paris FC & Nigeria)

Pemain Muda Terbaik Putri: Nesryne El Chad (Lille & Maroko)

Pemain Muda Terbaik Putra: Lamine Camara (Metz & Senegal)

Klub Putri Terbaik: Mamelodi Sundowns (Afrika Selatan)

Klub Putra Terbaik: Al Ahly (Mesir)

Pemain Interklub Terbaik Putri: Fatima Tagnaout (AS FAR & Maroko)

Pemain Interklub Terbaik Putra: Percy Tau (Al Ahly & Afrika Selatan)


Berita Terkait :