Bung Kus: Liga Santri Tampilkan Sportifitas dan Junjung Akhlakul Karimah

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 22/09/2017 14:22 WIB
Bung Kus: Liga Santri Tampilkan Sportifitas dan Junjung Akhlakul Karimah

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Kompetisi dan Pertandingan Liga Santri Nusantara (LSN) 2017 yang juga pengamat persepakbolan Nasional, M. Kusnaeni (Bung Kus) hadir menyaksikan laga final LSN Jatim 1, Kamis (21/9) di Stadion Menak Sopal Trenggalek, Jawa Timur. Bung Kus mengapresiasi keikutsertaan 32 tim pesantren dari 13 Kabupaten/Kota dari Karesidenan Kediri dan Madiun. LSN Jatim 1, katanya, berjalan sangat meriah. Peserta juga menampilkan permainan terbaiknya, dengan penuh sportivitas dan menjunjung akhlakul karimah.

"Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan tiga pesan, seperti yang sering disampaikan Pak Menteri (Imam Nahrawi)," kata Bung Kus memulai sambutan. Pertama, sepak bola santri harus menjunjung tinggi nilai-nilai pesantren, yaitu akhlakul karimah. "Dan tadi kita sudah lihat bersama, para pemain bertanding dengan penuh semangat. Tapi ketika salah satu ada yang kalah, yang kalah tetap menghormati yang menang. Yang menang tetap menghormati yang kalah. Dan tidak ada tawuran, tidak ada saling merendahkan, itulah sepak bola akhlakul karimah," puji Bung Kus seperti dikutip nu.or.id, Jumat, 22 September 2017.

Kedua, lanjutnya, sepak bola adalah simbol persaudaraan. Para peserta yang datang memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama ingin membesarkan sepak bola santri. "Semuanya demi kebesaran nama Santri. Hidup Santri," ujarnya. Bung Kus lalu mengungkapkan pesan yang ketiga, tunjukkan kemampuan dan permainan terbaik. "Karena santri sesungguhnya mampu melahirkan pemain nasional, seperti Rafli Nur Salim, " ucapnya.

Pelaksanaan Liga Santri Nusantara Jatim 1 diharap bisa melahirkan pesebakbola baru yang bisa memperkuat timnas Indonesia.

"Selamat kepada para pemenang. Suguhkan permainan terbaik kalian dalam seri Nasional di Bandung," pungkasnya.

Pada laga final tersebut, Darul Huda Mayak Ponorogo keluar sebagai juara LSN Jatim 1 setelah berhasil memenangkan adu penalti dengan skor 5-4 atas tuan rumah Sulaiman Trenggalek. Prestasi ini mengantarkan tim dari kota Reog tersebut melenggang mewakili Region Jatim 1 menuju LSN seri Nasional yang akan dihelat di Bandung pada Oktober mendatang. Beberapa tokoh daerah Trenggalek tampak hadir menyaksikan pertandingan final, diantaranya Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak, Ketua PCNU Trenggalek KH Fathullah, Ketua RMINU Trenggalek Gus Nur, Koreg Habib Mustofa, Panpel Khotamil Anam, dan ratusan suporter dari kedua tim. (Rah)


Berita Terkait :