Menparekraf Sebut Konektivitas Kunci Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Rahmad Novandri | Sabtu, 12/10/2024 15:51 WIB
Menparekraf Sebut Konektivitas Kunci Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Sandiaga Uno (Menparekraf RI). (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa konektivitas menjadi kunci dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Karena itu, ia menyebut pembukaan rute penerbangan langsung dari Hong Kong ke Jakarta akan mampu menarik kunjungan wisatawan asal Hong Kong dan negara lainnya.

"Konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia yang memang sangat dinantikan. Penerbangan AirAsia ini diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia," ujar Sandiaga dalam keterangannya dikutip Sabtu, 12 Oktober 2024. 

Penerbangan perdana yang dilaksanakan pada Selasa (8/10/2024) melayani penerbangan Hong Kong-Jakarta dan sebaliknya tujuh hari sepekan menggunakan pesawat Airbus A320.

"Kami meyakini bahwa ke depan akan lebih banyak maskapai yang membuka rute penerbangan langsung dari Hong Kong, mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal Hong Kong mulai meningkat saat ini. Di samping itu, Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal Hong Kong, terutama karena keindahan alam dan kemiripan budayanya," ungkapnya. 

Ia berharap kehadiran rute penerbangan baru ini dapat menarik lebih banyak wisman asal Hong Kong ke Indonesia, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.