Hingga September 2023, Sebanyak 7,47 Juta Wisatawan Kunjungi Sumatera Barat

Rahmad Novandri | Selasa, 21/11/2023 21:36 WIB
Hingga September 2023, Sebanyak 7,47 Juta Wisatawan Kunjungi Sumatera Barat Pantai Gandoriah Kota Pariaman. (Foto: ayokepariaman)

RADARBANGSA.COM - Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), Luhur Budianda mengatakan, sebanyak 7,47 juta wisatawan nusantara dan mancanegara tercatat mengunjungi berbagai destinasi di Sumbar pada periode Januari-September 2023. Ia menuturkan, dari total itu, sebanyak 7.435.933 adalah wisatawan Nusantara dan 39.170 merupakan wisatawan mancanegara.

"Data kita sementara ini masih menggunakan kunjungan di destinasi berbayar. Jika dihitung pada semua destinasi termasuk yang tidak berbayar, maka jumlah kunjungannya jauh lebih banyak," katanya.

Ia menyebut wisatawan Nusantara yang berkunjung ke Sumbar sebagian besar berasal dari provinsi tetangga, terutama Riau dan Jambi.  Sementara, untuk wisatawan mancanegara didominasi tiga negara yakni Malaysia (78 persen), Australia (4,2 persen), dan Prancis (0,8 persen).

"Kita sudah bekerja sama dengan tim dari Unand untuk meneliti karakteristik wisatawan ini, salah satunya berkaitan dengan daerah asal," tuturnya.

Ia mengatakan pada 2023, Sumbar melaksanakan program Visit Beautiful West Sumatera dengan target kunjungan sebanyak 8,2 juta wisatawan. 

Untuk mencapai target tersebut, Pemprov Sumbar bersama kabupaten dan kota menggelar sejumlah kegiatan yang berkesinambungan dari Januari hingga Desember 2023. Selain itu, pengelola destinasi juga didorong untuk meningkatkan kebersihan dan keamanan di lokasi wisata agar wisatawan menjadi lebih nyaman untuk berkunjung.


Berita Terkait :