Eksotis! Berikut Tempat Wisata Air Terjun Populer di Sumatera Barat

Rahmad Novandri | Minggu, 22/10/2023 18:20 WIB
Eksotis! Berikut Tempat Wisata Air Terjun Populer di Sumatera Barat Air Terjun Lembah Anai. (Foto: kabardunia.com)

RADARBANGSA.COM - Sumatera Barat banyak menyajikan pesona wisata alam yang indah. Tak hanya hamparan pemandangan gunung yang bagus, tapi juga memiliki banyak air terjun yang eksotis dan rancak bana.

Berikut beberapa wisata air terjun di Sumatera Barat yang rancak bana atau sangat indah.

1. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di Lembah Anai, Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Memiliki ketinggian 50 meter. Aliran airnya berasal dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah Patahan Anai.

Menariknya lagi, Air Terjun Lembah Anai berada di bagian barat kawasan konservasi Cagar Alam Lembah Anai. Pemandangan di sekitarnya indah, serta air dari aliran sungainya juga sangat jernih dan segar.

2. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Disebut juga Air Terjun Tiga Tingkat.

Pemandangannya sangat indah, ditambah lagi di sekitarnya terdapat pepohonan yang sangat rindang. Udaranya pun sejuk, cocok dijadikan destinasi wisata saat akhir pekan.

Sebagai informasi, pintu masuk ke kawasan ini berupa jalan kecil di sebelah kiri Jalan Raya Padang-Painan, tidak jauh dari Kantor Kepolisian Sektor Bungus Teluk Kabung.

3. Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota. Tingginya sekitar 30 meter di atas permukaan laut (MDPL). Airnya yang deras berjatuhan lurus ke bawah, sekilas seperti selendang yang dikibaskan.

Alasan dinamakan Air Terjun Lubuak Bulan karena kolam tempat jatuhnya air berbentuk menyerupai bulan. 

4. Air Terjun Prokamator

Air terjun Proklamator lokasinya tidak jauh dari Lembah Anai, tepatnya di Kanagarian Singgalang, Sapuluah Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dinamakan Air Terjun Proklamator, karena air terjun ini ditemukan kali pertamanya oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta. Kala itu sedang membuka jalur pendakian dikawasan tersebut pada tahun 2020, beberapa waktu lalu.

Pemandangannya sangat memesona. Cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota, karena nuansanya sangat menenangkan.

5. Air Terjun Sarasah Bunta

Selanjutnya ada Air Terjun Sarasah Bunta. Air terjun ini berada di Tarantang, Lembah Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Destinasi ini bisa jadi pilihan untuk menikmati akhir pekan

Air terjunnya tampak sangat cantik karena bentuknya yang bertingkat. Airnya sangat jernih dan kolam di sekitarnya yang luas membuat para pengunjung merasa puas untuk menikmati alam di tempat ini.


Berita Terkait :