Bulog Serap 30 Juta Ton Gabah Petani Setiap Hari

Rahmad Novandri | Kamis, 02/05/2024 12:16 WIB
Bulog Serap 30 Juta Ton Gabah Petani Setiap Hari Gabah Kering. (Foto: Rumah BUMN)

RADARBANGSA.COM - Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengatakan bahwa pihaknya sebagai perpanjangan tangan pemerintah saat ini melakukan penyerapan 30 ribu ton gabah kering panen (GKP) per hari di tingkat petani untuk pengadaan beras dalam negeri.

“Saat ini dengan berbagai upaya yang kami lakukan, Bulog dapat melakukan penyerapan sampai dengan 30 ribu ton setara GKP (gabah kering panen) setiap harinya,” kata Bayu dalam keterangannya, Kamis, 2 Mei 2024.

Lebih lanjut diungkapkan Bayu, pihaknya memanfaatkan momentum panen raya padi yang tengah berlangsung pada beberapa daerah di Tanah Air untuk memaksimalkan penyerapan guna memastikan ketersediaan stok cadangan beras pemerintah (CBP). 

“Bulog sebagai perpanjangan tangan pemerintah bergerak cepat untuk melakukan penyerapan gabah dan beras sebanyak-banyaknya. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan melalui pemenuhan stok beras nasional yang bersumber dari produksi dalam negeri,” ujar Bayu.

Dia menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melakukan penyerapan gabah dan beras dalam negeri secara optimal pada periode panen raya ini. Baginya, pemenuhan cadangan pangan pemerintah (CPP) melalui penyerapan gabah dan beras dari dalam negeri pada masa panen raya merupakan prioritas pemerintah saat ini. 

"Secara year on year di bulan April kemarin, penyerapan gabah/beras dalam negeri kita lebih tinggi selama 3 tahun terakhir, yakni mencapai 468 ribu ton setara gabah kering panen (GKP)," terangnya.

Ia menyebutkan, penyerapan GKP di tingkat petani saat ini mengalami peningkatan, bila dibandingkan yang sebelumnya rata-rata hanya mencapai di bawah 20 ribu ton. Bulog berkomitmen melakukan penyerapan gabah secara optimal.

“Ke depannya, serapan yang kami lakukan akan terus kami tingkatkan secara optimal,” tegas Bayu.