Polusi Udara di Jabodetabek, Menparekraf Sebut Kunjungan Wisatawan ke Jakarta Meningkat

Rahmad Novandri | Senin, 28/08/2023 21:55 WIB
Polusi Udara di Jabodetabek, Menparekraf Sebut Kunjungan Wisatawan ke Jakarta Meningkat Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa polusi udara yang memburuk di Jakarta tidak berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di DKI Jakarta.

Diungkapkannya, meski belum ada data pasti, kunjungan wisatawan ke beberapa tempat wisata beberapa hari terakhir justru meningkat. Di antaranya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol.

"Belum ada data-datanya, tapi dari 3 destinasi paling terfavorit seperti Ancol, dan TMII belum ada penurunan, justru malah meningkat. Dan saya berharap bahwa kita all out untuk mengatasi permasalahan polusi kita," ujarnya dikutip dari okezone.com, Senin, 28 Agustus 2023.

Sandiaga lantas meminta masyarakat khususnya para wisatawan agar tidak terus berlarut-larut dengan masalah polusi udara. Pasalnya, hal ini menurutnya bisa berdampak langsung terhadap citra dan reputasi wisata di Indonesia.

"Jangan sampai ini berlarut-larut, dan jangan sampai ini memberikan citra dan reputasi buruk terhadap Indonesia yang akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara," tukasnya.

Meski begitu, Sandiaga lantas mengajak masyarakat dan para wisatawan agar ikut berpartisipasi dalam menekan polusi di Jakarta. Salah satunya, dengan memanfaatkan transportasi umum.