Menparekraf Catat Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik Signifikan

Rahmad Novandri | Senin, 07/08/2023 21:15 WIB
Menparekraf Catat Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik Signifikan Sandiaga Uno (Menparekraf RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) mengalami kenaikan 10 sampai 20 persen.

"Jadi wisatawan mancanegara ini mengalami kenaikan signifikan. Year on year juga naik signifikan, bahwa wisatawan mancanegara batas atas di angka 10 sampai 20 persen di atas proyeksi kita," ujar Sandiaga dilansir dari okezone.com, Senin, 7 Agustus 2023.

Diterangkannya, wisatawan mancanegara yang mendominasi jatuh pada empat negara, yaitu Singapura,16, 41 persen Malaysia 15,88 persen, Australia 12,47 persen dan India 6,48 persen. Menurutnya, di mana jumlah wisman dari India melampaui angka Tiongkok yang hanya 5,88 persen.

Lebih lanjut disampaikan Menparekraf, jika jumlah wisatawan mancanegara terus meningkat maka kemungkinan target-target yang selama ini tengah disusun oleh pihaknya diharapkan dapat tercapai.

"Jadi jumlah ini patut kita syukuri, dan kami bisa memberikan proyeksi, bahwa tahun ini jika semuanya berjalan dengan rencana, maka target di atas 8,5 juta akan terlampaui angka signifikan, angka proyeksinya 15-20 persen," tukasnya.

Sementara untuk jumlah wisatawan nusantara (wisnus), lanjut Sandi, perlu adanya pendalaman lebih lanjut. Mengingat jumlah keseluruhannya yaitu per-Juni 2023, hanya menginjak angka 443 juta wisatawan.

Menurutnya, angka tersebut masih belum tercapai sepenuhnya. Meskipun beberapa momen libur seperti lebaran dan lainnya, sejumlah masyarakat memilih liburan di Indonesia atau wilayah-wilayah pariwisata terdekatnya.