Menparekraf Sebut 4,1 Juta Wisatawan Kunjungi Indonesia, Terbanyak Via Bali

Rahmad Novandri | Selasa, 11/07/2023 21:30 WIB
Menparekraf Sebut 4,1 Juta Wisatawan Kunjungi Indonesia, Terbanyak Via Bali Danau Beratan merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. (Foto: twitter @idbcpr)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia selama Januari hingga Mei 2023 mencapai 4.118.521 orang atau meningkat 312 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari data tersebut, 48 persen wisman masuk ke Tanah Air melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, 16 persen lewat Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, sisanya 36 persen masuk dari pintu gerbang atau bandara internasional lain di Indonesia. 

"Tentunya kita melihat pentingnya Bali yang harus dijaga sebagai destinasi unggulan," kata Sandiaga seperti dikutip dari okezone.com, Selasa, 11 Juli 2023.

Dengan adanya 4,1 juta lebih kunjungan wisman hingga Mei 2023, maka Sandiaga optimis target 8,5 juta kunjungan wisman ke Indonesia hingga akhir tahun tercapai.

Menurut Sandiaga, meningkatnya kunjungan wisman di Bali membuktikan masih tingginya kepercayaan turis dengan Bali. Sandiaga berharap nama baik dan citra Pulau Dewata tetap terjaga.

"Sehingga pesan yang keluar dari Bali ini adalah Bali yang sangat indah, ramah, berbasis budaya dan bermartabat," tuturnya.