Blokir Instagram di Negaranya, Putin akan Luncurkan Rossgram

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 17/03/2022 16:56 WIB
Blokir Instagram di Negaranya, Putin akan Luncurkan Rossgram Aplikasi Instagram (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Presiden Rusia, Vladimir Putin akan segera meluncurkan platform sosial media serupa instagram untuk digunakan oleh masyarakat Rusia.

Sebelumnya Putin memutuskan untuk memblokir instagram lantaran Regulator Meta, pada pekan lalu mengatakan bahwa warganet boleh menuliskan kata kata “Matilah Penjajah Rusia”.

Merespon keputusan itu regulator rusia telah balik memblokir instagram dari salah satu platform komunikasi mereka.

Keputusan rusia juga diperkuat dengan pernyataan seorang Pengusaha Teknologi Rusia, Kirill Filimonov yang akan mengembangkan platform bernama Rossgram.

"Mitra saya Kirill Filimonov dan kelompok pengembang kami sudah siap untuk pergantian peristiwa ini dan memutuskan untuk tidak melewatkan kesempatan untuk membuat analog Rusia dari jejaring sosial populer yang dicintai oleh rekan-rekan kami," kata Direktur Humas Rossgram, Alexander Zobov dikutip Reuters, Kamis 17 Maret 2022.

Badan Komunikasi Rusia, Roskomnadzor juga telah menyarankan pengguna Instagram agar memindahkan seluruh foto dan videonya ke media sosial lain yamg tidak diblokir oleh Rusia.

“Karena pengguna aktif Instagram akan membutuhkan waktu untuk memindahkan material foto dan videonya ke jejaring sosial lain dan untuk memberitahu kontak dan subscriber mereka, Roskomnadzor memutuskan untuk menyelesaikan prosedur pembatasan akses ke Instagram pada pukul 00:00 pada 14 Maret, memberikan pengguna tambahan 48 jam untuk masa transisi,” kata Roskomnadzor, dilansir dari The Verge.

Di sisi lain, Pemerintah Rusia telah membawa perkara Meta ke pengadilan, Rusia juga mengklaim raksasa teknologi AS itu sebagai "organisasi ekstremis".

 


Berita Terkait :