Ratusan Pelajar Antusias Nonton Pertandingan Cabor Terbang Layang PON XX Aceh-Sumut

M. Isa | Selasa, 10/09/2024 17:23 WIB
Ratusan Pelajar Antusias Nonton Pertandingan Cabor Terbang Layang PON XX Aceh-Sumut para pelajar saat menyaksikan cabor terbang layang PON XXI Aceh Sumut (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah memadati venue arena pertandingan cabor terbang layang PON XXI Aceh-Sumut di Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (10/9/2024).

Rombongan pelajar yang datang pada pagi hari masing-masing berasal dari sekolah MAN 3 Aceh Utara, MIS Ulee Reuleung Kecamatan Dewantara, dan Sekolah TK Angkasa Buket Rata Lhokseumawe.

Panitia PON XXI Aceh-Sumut, Armansyah menjelaskan, olahraga terbang layang bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan berani dan tidak takut dengan ketinggian. Di sini ada dua pesawat, yaitu satu pesawat bermesin dan satu lagi pesawat tidak bermesin yang disebut glider.

"Nah, atletnya naik di pesawat tidak bermesin. Untuk bisa terbang, glider itu ditarik oleh pesawat bermesin. Di ketinggian awan di sana dilepas. Kalian berani nggak jadi atlet? Ini pesawatnya tidak bermesin, loh," tanya Armansyah kepada para pelajar.

Setelah mendapatkan penjelasan tentang olahraga terbang layang, para siswa kemudian difasilitasi untuk swafoto maupun foto bersama di depan pesawat atlet. Para guru menyampaikan terima kasih kepada panitia karena telah mengizinkan para pelajar menyaksikan olahraga terbang layang tersebut.

"Terima kasih kepada panitia karena telah mengizinkan kami masuk ke sini, bisa foto-foto dan melihat langsung arena pertandingan pesawat terbang layang. Ini sangat luar biasa sekali. Kami belum pernah melihat perlombaan olahraga pakai pesawat seperti ini," kata Susi Juliana, guru MIS Ulee Reuleung.